AWAL ILMU PENGETAHUAN

Kapan dan di mana ilmu pengetahuan mulai ada, tidak ada yang tahu. Tetapi ilmu pengetahuan  itu perlahan-lahan tumbuh dari kekaguman manusia pada langit dan dari seni penyembuhan, berburu, konstruksi, maupun perang. Awalnya muncul pada  Zaman Batu, contohnya  penemuan alat  berburu seperti  busur dan panah. Awalnya pemburu tidak mengerti  cara memanah, keefektifan memanah tergantung pada ketepatan dalam membidik sasaran. Zaman
Mesopotamia yang merupakan awal perkembangan kebudayaan, merupakan zaman yang turut menentukan sistem pertanian kuno.  Perekonomian kota yang pertama berkembang di sana dilandaskan pada teknologi pertanian yang berkiblat pada kuil-kuil, imam,lumbung, dan jutu tulis-juru tulis. Demikian pula perkembangan di bidang pertanian tergantung pada hasil eksperimen dan pengamatan sebelumnya yang menguntungkan bidang itu. Hal tersebut merupakan petunjuk awal munculnya ilmu kedokteran di Mesopotamia (wilayah ini sekarang menjadi Irak dan Suriah) dan di Mesir yang dimulai sejak 4000 SM pada praktek penyunatan.

Bukti itu ditemukan fosil manusia dari penggalian makam kuno dan operasi penyunatan ini digambarkan pada dinding sebuah makam dinasti keenam di Mesir, yang memerintah tahun 2625-2475 SM.

Imhotep adalah seorang fisikawan  pertama yang dikenal sebagai seorang ahli astronomi juga seorang arsitek.

Sebagai salah satu tangan kanan raja Djoser, ia membuat Piramida Djzosèr di Saqqara, Mesir sekitar tahun 26302611 SM, selama pemerintahan dinasti ketiga Mesir. Dimungkinkan, ia adalah orang yang pertama kali menggunakan tiang dalam arsitektur. Namanya berarti seseorang dalam damai. Imhotep bekerja sebagai kanselir untuk raja dan pendeta tinggi dewa Ra pada Heliopolis. Ia adalah putera dari Ptah. Ia adalah orang yang sangat pintar, maka dari itu ia diberi banyak gelar. Gelar lengkapnya adalah: Kanselir Mesir Bawah, Yang Pertama setelah Raja Mesir hulu, Administrator Istana Agung, Keturunan Bangsawan, Pendeta Tinggi Helopolis, Pembangun, Pemahat, dan Ahli Pembuat Jambangan. Imhotep dikenal sebagai pendiri kedokteran Mesir kuno, dan penulis dari papirus Edwin Smith, yang berisi mengenai kutukan, penyakit ringan dan observasi anatomi. Pada tahun 3000 SM kedudukannya diangkat menjadi dewa. Imhotep menjadi dewa kedokteran dan penyembuhan, seperti Asclepius pada kebudayaan Yunani kuno.

Bukti-bukti arkeologi menunjukkan bahwa trepanasi (praktek membuat lubang di tengkorak dalam rangka meningkatkan kapasitas otak) itu dilakukan pada orang-orang yang hidup di zaman prasejarah.

Tentang satuasbak

I can't fail
Pos ini dipublikasikan di FISIKA HERE. Tandai permalink.

2 Balasan ke AWAL ILMU PENGETAHUAN

  1. Takumi ©2011 berkata:

    sebenarnya siapa itu imhotep?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s